Harmony » Blog » 

Penjelasan Lengkap Mengenai Pasar Persaingan Sempurna

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Februari 19, 2020

Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar yang jumlah pembeli dan penjualnya sangat banyak, namun produk yang dijual sama atau homogen. Beberapa produk yang dijual dalam pasar ini adalah beras, buah, sayur, gandum, kentang, batu bara, minyak mentah, bursa efek dan lain sebagainya.

Pasar persaingan sempurna merupakan pasar yang efisien daripada pasar lain

Harga produk dalam pasar persaingan sempurna tidak bisa dipengaruhi oleh penjual ataupun pembeli. Jadi harganya benar-benar berasal dari kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Perlu adanya konsep pemasaran di awal agar Anda lebih teratur dalam menjalankan bisnis. Namun struktur dalam pasar persaingan sempurna bisa dikategorikan paling sempurna karena proses produksi lebih efisien dibandingkan pasar lain.

Apa Ciri Pasar Persaingan Sempurna?

Berikut ini adalah beberapa ciri yang ada dalam pasar persaingan sempurna:

Memiliki Banyak Penjual dan Pembeli

Pasar persaingan sempurna memiliki jumlah penjual dan pembeli yang banyak sehingga perilaku keduanya tidak akan bisa mempengaruhi kondisi pasar. Interaksi dari kedua pihak ini biasanya sebagai pengikut harga sehingga harga dalam pasar ini bersifat tetap.

Free Entry and Free Exit

Istilah ini berlaku dalam pasar persaingan sempurna karena tidak adanya keterikatan dalam membuka atau menutup pasar. Setiap perusahaan bebas membuka atau menutup usahanya sesuai dengan hasil yang diperoleh, entah mereka rugi ataupun untung.

[elementor-template id="26379"]

Produk Bersifat Homogen

Satu ciri utama yang mencolok di pasar ini adalah produknya yang bersifat homogen. Jadi produk yang dihasilkan oleh setiap perusahaan itu identik dan tidak bisa dibedakan.  Dengan kata lain, konsumen yang membeli produk di satu perusahaan, maka mereka akan mendapat produk yang sama meskipun membeli di perusahaan lain.

Baca Juga : Pengertian Pemasaran Langsung Beserta Contohnya

Penjual dan Pembeli Paham dengan Keadaan Pasar

Kedua pihak tahu segala hal yang terkait di pasar mulai dari tingkat harga hingga perubahannya. Hal ini membuat semua sumber daya bisa digunakan sepenuhnya untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Tak hanya itu, pemahaman ini jelas membuat harga di pasar sama. Jadi penjual tidak ada yang menjual dengan harga lebih tinggi atau rendah. Sebaliknya, pembeli juga tidak ada yang membeli di atas harga pasar.

Mungkin dengan keadaan pasar seperti itu, Anda perlu untuk memanfaatkan strategi pemasaran yang ada agar dapat hasil yang maksimal.

Mobilitas Sumber Ekonomi Sempurna

Kesamaan yang ada dalam pasar persaingan sempurna, mulai dari metode pembuatan hingga proses penjualan maka mobilitas bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Anda tidak akan menemukan persaingan ataupun promosi besar-besaran dalam pasar ini karena produknya homogen. Namun sayangnya, hal ini memicu terjadinya defisit inovasi. Persaingan yang tidak ada membuat produsen tidak bisa berinovasi dengan bebas. Pada akhirnya pembeli tidak akan memiliki alternatif pilihan saat membeli produk.

Meskipun tidak ada persaingan, harga stabil dan produk yang dijual sama, namun pengelolaan keuangan yang baik tetap penting untuk dilakukan. Anda yang memiliki bisnis dalam pasar persaingan sempurna, mungkin bisa mencoba software akuntansi Harmony untuk membantu mengelola keuangan.

Eksistensi software ini akan memudahkan Anda dalam mencatat transaksi, menghitung pajak, membuat laporan keuangan hingga mengelola administrasi bisnis Anda. Tertarik mencobanya? Klik di sini untuk mencoba Gratis 30 hari ya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram