Harmony Â» Blog Â» 

Anggaran Keuangan : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 4, 2020

Anggaran keuangan adalah anggaran yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegaiatan perusahaan dalam jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang. Perusahaan sangat membutuhkan anggaran dalam bentuk perencanaan sebagai upaya mengestimasikan keuangan perusahaan.

Tentunya anggaran memiliki peran penting sebagai bentuk pemantauan laju pertumbuhan ekonomi internal di dalam perusahaan. Sebuah perusahaan yang baik tentunya akan membuat anggaran perusahaan yang mampu membantu merencanakan dana serta mengendalikan aktivitas bisnis. Dengan adanya anggaran ini tentunya akan mempermudah perusahaan dalam mengeluarkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung kegiatan bisnis.

Dalam anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting, yang dalam arti seluruh kegiatan akan dijumlahkan dalam satuan uang, sehingga dapat diukur pencapaian efesien dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.

Jenis- Jenis Anggaran Keuangan dan Pengertiannya

Anggaran keuangan terbagi dari beberapa jenis, berikut jenis jenis dan pengertiannya :

1. Anggaran Penjual

Anggaran Penjualan adalah anggaran yang menerangkan secara terperinci dan teliti tentang penjualan dimasa datang, dimana didalamnya ada rencana tentang jenis barang, jumlah, harga, waktu serta tempat penjualan barang.

Selain itu, anggaran penjualan bisa diartikan sebagai biaya-biaya yang diperlukan untuk menjual ( komisi penjualan, gaji staff penjualan,pengiklanan, dan promosi penjualan )

Dan untuk mendistribusikan barang kepada konsumen.

2. Anggaran Produksi

Anggaran Produksi adalah suatu perencanaan secara terperinci mengenai jumlah unit produk yang diperoduksi selama periode yang akan datang. Yang didalamnya mencakup rencana mengenai jenis ( kualitas ), jumlah ( kuantitas ), dan waktu produksi yang akan dilakukan.

3. Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran Biaya Bahan Baku adalah anggaran yang bertujuan untuk menentukan berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan untuk diproduksi, dan berisi perencanaan mengenai bahan baku yang menyatakan suatu kuantitas bahan baku beserta satuan uang.

4. Anggaran Biaya Tenaga Kerja Secara Langsung

Anggaran Biaya Tenaga Kerja Secara Langsung adalah anggaran yang berisi perkiraan jumlah biaya tenaga kerja langsung yang dikeluarkan perusahaan di masa yang akan datang.

dan dapat digunakan sebagai dasar penyusunan anggaran kas dan laba rugi. Pada umumnya, perhitungan dalam anggaran ini memiliki 2 dasar penghitungan, yaitu upah per unit dan upah per jam.

5. Anggaran Overhead Pabrik

Anggaran Overhead Pabrik adalah suatu perencanaan yang terperinci mengenai biaya-biaya tidak langsung yang dikeluarkan sehubungan degan proses produksi selama periode yang akan datang, meliputi jenis biaya, waktu secara tempat (departemen) dimana biaya tersebut terjadi.

6. Anggaran Persediaan

Anggaran Persediaan adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang persediaan barang selama periode yang akan datang. Yang didalamnya meliputi rencana jenis barang yang tersedia, jumlah barang yang tersedia, serta nilai barang yang tersedia dari waktu kewaktu.

7. Anggaran Kas

Anggaran Kas adalah anggaran yang digunakann untuk perencanaan dan pengendalian kas. Anggaran kas menunjukkan posisi kas masuk, dan kas keluar pada setiap periode waktu. Anggaran kas membantu manajemen untuk tetap menjaga keseimbangan (balance) kas yang ada di dalam perusahaan.

8. Anggaran Laba Rugi

Anggaran Laba Rugi adalah anggaran yang melaporkan seluruh proyeksi penerimaan dan pengeluaran untuk jangka waktu anggaran tertentu, untuk menunjukan proyeksi penerimaan (pendapatan) yang akan diterima oleh perusahaan.

9. Anggaran Neraca

Anggaran Neraca adalah anggaran yang merencanakan keadaan keuangan perusahaan pada suatu periode. Dalam anggaran ini jumlah kekayaan terlihat pada bagian aktiva, sedangkan jumlah utang terlihat pada bagian pasiva. Anggaran ini dibuat berdasarkan hasil dari anggaran kas dan anggaran laba rugi.

10. Anggaran Posisi Keuangan

Anggaran Posisi Keuangan adalah anggaran mengenai rencana perubahan aktiva, hutang dan modal perusahaan selama periode yang ditetapkan. Untuk menyusun anggaran ini, perusahaan dapat melihat lagi hasil dari anggaran neraca yang telah dibuat.

Sudahakah Anda mengetahui berbagai jenis jenis dari sebuah anggaran keuangan ? Setiap anggaran mempunyai setiap pegertian dan tujuan yang berbeda beda.

Berbagai jenis anggaran keuangan diatas dapat membantu bisnis Anda untuk mengontrol finansial bisnis. Dengan begini, resiko kehabisan biaya atau hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir sejak awal. Untuk memudahkan Anda dalam penyusunan anggaran keuangan perusahaan Anda, terutama dalam pembukuan laporan keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan Software akuntansi Harmony untuk membuat laporan keuangan Anda lebih mudah.

Harmony membantu Anda memberesekan pembukuan dimana Anda hanya perlu memasukan transaksi yang terjadi sehingga semua Laporan keuangan akan tersajikan secara real time.

Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapih secara real time dimanapun dan kapanpun. Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram